Sri Wahyuni Rangkuti, Yuni and Reni, Yuliviona and Fivi, Anggraini (2025) PENGARUH BRAND IMAGE, PENGETAHUAN DAN PERSEPSI TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus: Bank Syariah di Kab. Mandailing Natal, Prov. Sumatera Utara. Masters thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
![COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB PENDAHULUAN.pdf
Download (1MB)
![BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (436kB)
![FULLTEKS TESIS.pdf [thumbnail of FULLTEKS TESIS.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULLTEKS TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image, pengetahuan, dan persepsi terhadap minat menabung di bank syariah dengan religiusitas sebagai variabel moderasi pada masyarakat Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengambilan sampel probability sampling dan sebanyak 155 responden. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) melalui aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image dan persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di bank syariah, sedangkan pengetahuan tidak berpengaruh signifikan. Religiusitas tidak memoderasi pengaruh brand image terhadap minat menabung, namun memperkuat pengaruh pengetahuan terhadap minat menabung dan memperlemah pengaruh persepsi terhadap minat menabung. Secara teoritis, penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan teori perilaku konsumen keuangan syariah dengan menambahkan peran religiusitas sebagai variabel moderasi. Secara praktis, hasil penelitian ini menjadi masukan bagi manajemen bank syariah di Kabupaten Mandailing Natal dalam meningkatkan brand image dan edukasi prinsip syariah yang sesuai dengan nilai religiusitas masyarakat untuk mendorong minat menabung.
Kata Kunci : Brand Image, Pengetahuan, Persepsi, Minat Menabung, Religiusitas
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen |
Depositing User: | Magister Manajemen FEB |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 01:40 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 01:40 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/796 |