PENGARUH BRAND IMAGE, PENGETAHUAN DAN PERSEPSI TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus: Bank Syariah di Kab. Mandailing Natal, Prov. Sumatera Utara

Sri Wahyuni Rangkuti, Yuni and Reni, Yuliviona and Fivi, Anggraini (2025) PENGARUH BRAND IMAGE, PENGETAHUAN DAN PERSEPSI TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus: Bank Syariah di Kab. Mandailing Natal, Prov. Sumatera Utara. Masters thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB PENDAHULUAN.pdf] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of FULLTEKS TESIS.pdf] Text
FULLTEKS TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image, pengetahuan, dan persepsi terhadap minat menabung di bank syariah dengan religiusitas sebagai variabel moderasi pada masyarakat Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengambilan sampel probability sampling dan sebanyak 155 responden. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) melalui aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image dan persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di bank syariah, sedangkan pengetahuan tidak berpengaruh signifikan. Religiusitas tidak memoderasi pengaruh brand image terhadap minat menabung, namun memperkuat pengaruh pengetahuan terhadap minat menabung dan memperlemah pengaruh persepsi terhadap minat menabung. Secara teoritis, penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan teori perilaku konsumen keuangan syariah dengan menambahkan peran religiusitas sebagai variabel moderasi. Secara praktis, hasil penelitian ini menjadi masukan bagi manajemen bank syariah di Kabupaten Mandailing Natal dalam meningkatkan brand image dan edukasi prinsip syariah yang sesuai dengan nilai religiusitas masyarakat untuk mendorong minat menabung.
Kata Kunci : Brand Image, Pengetahuan, Persepsi, Minat Menabung, Religiusitas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Depositing User: Magister Manajemen FEB
Date Deposited: 19 Sep 2025 01:40
Last Modified: 19 Sep 2025 01:40
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/796

Actions (login required)

View Item
View Item