PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT BERBANTUAN QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 127 MUARA KIBUL KABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI

Teguh, Putri Tabir and GUSMAWETI, GUSMAWETI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT BERBANTUAN QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 127 MUARA KIBUL KABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (875kB)
[thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN dan DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB KESIMPULAN SARAN dan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI.pdf] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA peserta didik. Dalam proses pembelajaran guru masih mendominasi sehingga peserta didik tidak telibat aktif, menjadi pasif serta kurang berinisiatif untuk mengembangkan ide-ide yang ada dalam pikirannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh media pembelajalaran power point berbantuan quiz terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Dengan desain posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV dengan teknik penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif. Diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 82,88 dan pada kelas kontrol yaitu 77,14. Pemerolehan data dianalisis uji hipotesisnya dengan uji independent sampel t-test. Dari hasil penelitian ini terlihat bahwa nilai signifikan 0,037 yang artinya nilai Sig (2-tailed) < 0,05. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Power Point Berbantuan Quiz memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV di SDN 127 Muara Kibul, Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. tahun ajaran 2025/2026. Penggunaan media Power Point Berbantuan Quiz memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar IPA peserta didik sehingga diharapkan kepada guru agar dapat dijadikan sebagai alternatif dalam penyampaian materi pelajaran kepada peserta didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:23
Last Modified: 25 Sep 2025 02:23
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1882

Actions (login required)

View Item
View Item