Teguh, Putri Tabir and GUSMAWETI, GUSMAWETI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT BERBANTUAN QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 127 MUARA KIBUL KABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf
Download (875kB)
![BAB KESIMPULAN SARAN dan DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN dan DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN dan DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (206kB)
![FULLTEKS SKRIPSI.pdf [thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA peserta didik. Dalam proses pembelajaran guru masih mendominasi sehingga peserta didik tidak telibat aktif, menjadi pasif serta kurang berinisiatif untuk mengembangkan ide-ide yang ada dalam pikirannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh media pembelajalaran power point berbantuan quiz terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Dengan desain posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV dengan teknik penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif. Diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 82,88 dan pada kelas kontrol yaitu 77,14. Pemerolehan data dianalisis uji hipotesisnya dengan uji independent sampel t-test. Dari hasil penelitian ini terlihat bahwa nilai signifikan 0,037 yang artinya nilai Sig (2-tailed) < 0,05. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Power Point Berbantuan Quiz memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV di SDN 127 Muara Kibul, Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. tahun ajaran 2025/2026. Penggunaan media Power Point Berbantuan Quiz memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar IPA peserta didik sehingga diharapkan kepada guru agar dapat dijadikan sebagai alternatif dalam penyampaian materi pelajaran kepada peserta didik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 02:23 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 02:23 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1882 |