Musria Maylisa Putri, Musria and Prof. Dr. Erman Har, M.Si., Prof. Dr. Erman Har, M.Si. (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IV SDN 02 PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Univrsitas Bung Hatta.
![COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf
Download (1MB)
![BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (261kB)
![FULL SKRIPSI MUSRIA MAYLISA PUTRI.pdf [thumbnail of FULL SKRIPSI MUSRIA MAYLISA PUTRI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL SKRIPSI MUSRIA MAYLISA PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model
pembelajaraan kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada
siswa kelas IV SDN 02 Pasaman Barat. Jenis penelitian yang dipakai adalah
penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
IV yang berjumlah 20 orang siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap
siklus terdapat dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan data yang
diperoleh rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I yaitu 72,5% meningkat
pada siklus II menjadi 90%. Perolehan persentase ketuntasan hasil belajar siswa
siklus I yaitu 70% dengan nilai rata-rata 77,65 meningkat pada siklus II menjadi
90% dengan rata-rata 83,8. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA di SDN 02 Pasaman Barat melalui model pembelajaraan kooperatif
tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkat. Peneliti
menyarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran yang tepat dan
sesuai, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe
Student Teams Achievement Division (STAD).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 02:29 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 02:29 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1862 |