Dwi Mulyani, Martina and Enjoni, Enjoni (2025) PENGEMBANGAN MEDIA CHARTA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH SISWA KELAS V DI SDN 33 SAWAHAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf
Download (782kB)
![BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (206kB)
![FULLTEKS SKRIPSI.pdf [thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Charta pada pembelajaran Sistem Peredaran Darah Siswa Kelas V di SDN 33 Sawahan. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2024/2025 dengan menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun dibatasi hingga tahap Develop. Tahap Define mencakup analisis kurikulum, kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Tahap Design melibatkan perancangan media charta. Tahap Develop difokuskan pada uji validasi dan uji praktikalitas media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang sangat baik. Validasi dilakukan oleh dua dosen ahli, yaitu ahli materi dan ahli media. Validasi oleh ahli materi memperoleh skor 0,721 valid, sedangkan validasi oleh ahli media mencapai 0,777 sangat valid. dengan rata-rata keseluruhan 0,749 valid. Pada uji praktikalitas, intrumen diuji oleh satu guru dan 19 peserta didik kelas V. data diperoleh melalui angket respon guru dan peserta didik. Hasilnya, praktikalitas dari guru mencapai 90% sangat praktis, dan dari peserta didik 90% sangat praktis, dengan rata-rata keseluruhan 91% sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media charta pada pembelajaran IPA materi Sistem Peredaran darah memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran IPA materi Sistem Pembelajaran Darah bagi peserta didik kelas V di Sekolah Dasar
Kata Kunci: Media Charta, Sistem Peredaran Darah, IPA
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:09 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:09 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1755 |