Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV UPTD 13 Kuranji

Meri Febrianti,S.Pd, Merr and Prof. Dr. Erman Har, M.Si., Prof. Dr. Erman Har, M.Si. (2025) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV UPTD 13 Kuranji. Diploma thesis, Universitas Bunghatta.

[thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (20MB)
[thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of FULL TEXT.pdf] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV UPTD SDN
13 Kuranji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil
belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL).Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Subjek
penelitian adalah siswa kelas IV UPTD SDN 13 Kuranji yang berjumlah 24
orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi aktivitas guru, observasi
aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan teknik
deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk melihat peningkatan aktivitas serta
ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model PBL dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan
hasil belajar. Aktivitas guru meningkat dari 70% pada siklus I menjadi 79% pada
siklus II, sedangkan aktivitas siswa meningkat dari 34,9% menjadi 60,1%. Nilai
rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 72,11 dengan
ketuntasan klasikal 67,61% pada siklus I menjadi 86,53 dengan ketuntasan
83,88% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Problem Based Learning efektif digunakan untuk meningkatkan
hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV UPTD SDN 13 Kuranji.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:23
Last Modified: 24 Sep 2025 02:23
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1742

Actions (login required)

View Item
View Item