PENERAPAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD N 27 LADANG HUTAN

MUHAMMAD, HERMANTINO and ZULFA, AMRINA (2025) PENERAPAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD N 27 LADANG HUTAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of COVER,,HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI DAN BAB 1 PENDAHULUAN.pdf] Text
COVER,,HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI DAN BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR ISI.pdf] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (544kB)
[thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI.pdf] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas VI SDN 27 Ladang Hutan. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 27 Ladang Hutan yang berjumlah 13 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi guru terhadap kegiatan pembelajaran dan tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran oleh guru dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Missouri Mathematics Project terdapat peningkatan. Hal ini dilihat dari peningkatan rata-rata persentase aktivitas guru siklus I 80,87% dengan kriteria baik, dan pada siklus II mencapai 86,10% dengan kriteria baik. Persentase siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori baik dan sangat baik pada siklus I sebesar 46,15%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 92,30%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Missouri mathematics project di kelas VI SDN 27 Ladang Hutan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masaah siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disarankan agar model Missouri Mathematics Project dapat digunakan guru untuk proses belajar mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:46
Last Modified: 24 Sep 2025 02:46
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1707

Actions (login required)

View Item
View Item