Dhea Amavisca, Dhea and Risa Yuliana, S.Pd. M.Pd, Risa (2025) Peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas IV SD N 29 Batang Anai Padang Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bunga Hatta.
![COVER, HALAMAN PENGESAHAN, BAB I PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, BAB I PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (1MB)
![BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (110kB)
![FULL SKRIPSI.pdf [thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca Pemahaman siswa dikelas IV SDN 29 Batang Anai yang disebabkan oleh rendahnya kemampuan siswa dalam membaca pemahaman. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan model pembelajaran SQ3R. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakkan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perencanaan, tindakan, dan pengamatan. Penelitian ini dilakukan dua siklus, masing- masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap akhir siklus dilakukan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 29 Batang Anai yang berjumlah 19
orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas guru, lembar aktivitas
siswa, lembar tes akhir kemampuan menulis. Hasil penelitian pada observasi aktivitas guru
pada siklus 1 dan 2 yaitu 68% dan 86%. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru
menunjukkan peningkatan, yang mana pada siklus 1 masih kurang mencukupi dalam kegiatan
pembelajaran dan pada siklus 2 sudah lebih meningkat dalam menerapkan metode
pembelajaran saat kegiatan pembelajaran. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus 1 dan 2
mencapai 69 % dan 89%. Berdasarkan hasil ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan,
yang mana pada siklus 1 pembelajaran masih kurang baik dan sedangkan pada siklus 2 sudah
lebih meningkat dengan menggunakan metode SQ3R yang diterapkan. Persentase ketuntasan
belajar siswa siklus I sebesar 52,63%, dengan rata-rata 72 dan hasil nilai akhir belajar siswa
siklus II sebesar 89,47% dengan rata-rata 83. Hasil tes akhir ini ditentukan dengan minimal
rata-rata terendah untuk indikator keberhasilan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
model SQ3R dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman pada
pembelajaran Bahasa Indonesia. Peningkatan ini disebabkan oleh penggunaan media
membaca cerita dalam pengajaran yang berfungsi untuk membantu dalam menyampaikan
penjelasan materi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 07:43 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 07:43 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1623 |