MELISA, LATIFAH ALNUR and GUSMAWETI, GUSMAWETI (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 01 SIKAKAP. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf
Download (640kB)
![BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (268kB)
![FULTEKS SKRIPSI.pdf [thumbnail of FULTEKS SKRIPSI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 01 Sikakap. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh model project based learning (PjBL) dengan pemberian reward and punishment terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 01 Sikakap. Metode penelitian ini yaitu eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 01 Sikakap yang berjumlah 37 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga seluruh populasi menjadi sampel. Teknik menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan teknik simple random sampling, kelas eksperimen yaitu kelas IVA sedangkan kelas kontrol yaitu kelas IVB. Data dikumpulkan melalui tes objektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes akhir siswa kelas eksperimen mencapai 71,09 dengan ketuntasan 55% sedangkan kelas kontrol hanya 53,3 dengan ketuntasan 13%. Selain itu, hasil uji hipotesis dalam penelitian ini sebesar 0,002 < 0,05, yang menunjukkan bahwa ada pengaruh siginifikan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model project based learing (PjBL) dengan pemberian reward and punishment terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 01 Sikakap. Penelitian ini merekomendasikan model project based learning (PjBL) dengan pemberian reward and punishment sebagai alternatif dalam proses pembelajaran yang dapat membantu siswa menjadi lebih aktif dan kreatif, terutama dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 08:04 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 08:04 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1619 |