Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Reading Guide Siswa Kelas IV SDN 24 Koto Panjang Kabupaten Pesisir Selatan

Febrian, Vigo and Azkiya, Hidayati and Wirnita, Eska and Yulisna, Risa (2025) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Reading Guide Siswa Kelas IV SDN 24 Koto Panjang Kabupaten Pesisir Selatan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI.pdf] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 November 2025.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini rendahnya kemapuan membaca pemahaman di kelas IV SDN 24 Koto Panjang Kabupaten Pesisir Selatan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui model Reading Guide dan mendeskripsikan sejauh mana hasil belajar kemampuan membaca pemahaman melalui model Reading Guide bagi siswa kelas IV SDN 24 Koto Panjang Kabupaten Pesisir Selatan. Teori yang digunakan dalam model Reading Guide dikemukakan oleh Erniza Gazali. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SDN 24 Koto Panjang Kabupaten Pesisir Selatan, yang berjumlah 13 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar kemampuan membaca pemahaman siswa. Persentase lembar aktivitas guru pada siklus I 69%, dan siklus II 83%. Jadi, persentase lembar observasi aktivitas guru mengalami kenaikan sebesar 14%. Persentase lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I 30,7%, dan pada siklus II 69,2%. Jadi, persentase lembar observasi aktivitas siswa mengalami kenaikan sebesar 30%. Ketuntasan hasil belajar kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase keterampilan membaca pemahaman siswa pada siklus I 50%, dengan rata-rata hasil belajar 65,3. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 77% dengan rata-rata hasil belajar 78,4. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dalam kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan model Reading Guide dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 24 Koto Panjang

Kata kunci : kemampuan membaca pemahaman, model Reading Guide, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 23 Sep 2025 06:59
Last Modified: 23 Sep 2025 06:59
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1556

Actions (login required)

View Item
View Item