Dian, Pramana and Ira, Rahmayuni Jusar (2025) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PPT INTERAKTIF DI KELAS IV SD NEGERI 01 ULAK KARANG SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (299kB)
![COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB I PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB I PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (1MB)
![FULLTEKS SKRIPSI.pdf [thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 01 Ulak Karang Selatan melalui penerapan model PBL berbantu media PowerPoint (PPT) interaktif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan jumlah subjek 27 orang. Instrumen penelitian meliputi tes hasil belajar dan lembar observasi guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase aktifitas guru pada siklus I yaitu 73,21% dan meningkat pada siklus ke II menjadi 96,42% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh pada siklus I yaitu 54,16% dengan rata-rata 66,875 dan meningkat pada siklus II yaitu 84,61% dengan rata-rata 80,38.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media PPT interaktif efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 01 Ulak Karang Selatan. Penelitian ini memberikan implikasi bagi guru untuk lebih memanfaatkan model pembelajaran inovatif dan media interaktif dalam menciptakan suasana belajar yang menarik dan bermakna.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 02:43 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 02:43 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1482 |