PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA POP UP BOOK SISWA KELAS IV C SDN 009 KOTA DUMAI

Dea, Selvia and Heri, Effendi (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA POP UP BOOK SISWA KELAS IV C SDN 009 KOTA DUMAI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI (DEA SELVIA_21-082).pdf] Text
FULLTEKS SKRIPSI (DEA SELVIA_21-082).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa kelas IV C SDN 009 Kota Dumai melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Pop Up Book. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada ranah kognitif maupun afektif. Pada ranah kognitif, ketuntasan belajar siswa meningkat dari 44,44% pada siklus I menjadi 92,59% pada siklus II. Sementara pada ranah afektif (kerja sama), ketuntasan siswa naik dari 53,7% pada siklus I menjadi 83,3% pada siklus II. Temuan ini membuktikan bahwa penerapan model PjBL dengan media Pop Up Book mampu meningkatkan pemahaman, motivasi, serta sikap kerja sama siswa dalam pembelajaran IPAS. Dengan demikian, model PjBL berbantuan media visual interaktif dapat dijadikan alternatif inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 23 Sep 2025 02:40
Last Modified: 23 Sep 2025 02:40
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1465

Actions (login required)

View Item
View Item