NURUL, HIDAYAH and Nama, Muslim (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN PANCASILA FASE E ELEMEN UUD 1945 DENGAN MENGGUNAKAN FLIPBOOK DIGITAL BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![COVER-HALAMAN PENGESAHAN-PERSETUJUAN-ABSTRAK-DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER-HALAMAN PENGESAHAN-PERSETUJUAN-ABSTRAK-DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER-HALAMAN PENGESAHAN-PERSETUJUAN-ABSTRAK-DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf
Download (1MB)
![BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (141kB)
![FULLTEKS SKRIPSI.pdf [thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi sebagian besar sekolah yang masih mengandalkan buku cetak sebagai sumber utama pembelajaran serta menerapkan model konvensional yang cenderung satu arah, sementara pendidikan saat ini telah
memasuki era teknologi. Tujuan penelitian adalah menghasilkan e-modul Pendidikan Pancasila Fase E Elemen UUD 1945 berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan Flipbook Digital yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). E-modul dikembangkan melalui desain Canva, dikonversi ke PDF, dan diunggah ke Heyzine Flipbook. Subjek penelitian terdiri atas 60 siswa kelas X SMA Pertiwi 1 Padang
yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 30 siswa kelas eksperimen dengan perlakuan e-modul dan 30 siswa kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas, serta tes efektivitas. Hasil validasi ahli materi, bahasa, dan desain memperoleh rata-rata 95,53% (sangat valid). Uji praktikalitas guru mencapai 94,44% dan siswa 96,23% (sama-sama sangat praktis). Uji efektivitas melalui pretest dan posttest menunjukkan N-Gain kelas eksperimen 0,72 (efektif) dan kelas kontrol 0,40 (kurang efektif). Uji-t menghasilkan thitung 33,615 > ttabel 2,001 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelas. Nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi 16,833 poin dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, e-modul berbasis PBL berbantu Flipbook Digital terbukti valid, praktis, dan efektif dalam mendukung pembelajaran Pendidikan
Pancasila Fase E Elemen UUD 1945 di SMA Pertiwi 1 Padang.
Kata kunci: E-modul Pendidikan Pancasila; Elemen UUD 1945; Flipbook Digital Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan |
Depositing User: | PPKN FKIP |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 01:22 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 01:22 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1433 |