STUDI PENILAIAN KONDISI KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGUNAKAN METODE INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) DAN INDEK KONDISI PERKERASAN (IKP) Studi Kasus : Ruas Jalan Jujun – Lolo kecil, Kerinci ( STA 385+000 – 390+000)

Wahyu Ariski, Budi and Rita, Eva (2025) STUDI PENILAIAN KONDISI KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGUNAKAN METODE INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) DAN INDEK KONDISI PERKERASAN (IKP) Studi Kasus : Ruas Jalan Jujun – Lolo kecil, Kerinci ( STA 385+000 – 390+000). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI.pdf] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy
[thumbnail of COVER HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB  PENDAHULUAN.pdf] Text
COVER HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB KESIMPULAN, SARAN dan DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB KESIMPULAN, SARAN dan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)

Abstract

Ruas jalan Jujun – Lolo Kecil (STA 385+000 – 390+000) di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, merupakan jalur penting yang menghubungkan kawasan wisata dan aktivitas masyarakat. Namun, kondisi eksisting menunjukkan kerusakan cukup parah, seperti lubang, retak, dan deformasi yang berdampak pada keselamatan serta menurunnya kenyamanan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis kerusakan jalan, menentukan nilai kondisi perkerasan menggunakan metode Indeks Kondisi Perkerasan (IKP), menghitung tingkat kerataan permukaan dengan metode International Roughness Index (IRI), merumuskan penanganan yang sesuai, serta merencanakan saluran drainase pendukung. Metode IKP digunakan untuk menilai tingkat kerusakan berdasarkan jenis, luas, dan tingkat keparahan, sedangkan metode IRI diaplikasikan melalui perangkat lunak Roadroid untuk memperoleh nilai kekasaran permukaan jalan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kerusakan dominan berupa retak kulit buaya, retak pinggir, lubang, serta deformasi lainnya yang menurunkan kualitas perkerasan. Nilai IKP dan IRI mengindikasikan kondisi jalan berada pada kategori rusak hingga rusak berat, sehingga diperlukan tindakan penanganan berupa penambalan, overlay, serta rekonstruksi lokal pada beberapa titik. Selain itu, perencanaan saluran drainase dilakukan berdasarkan analisis hidrologi dan hidrolika untuk mengantisipasi genangan yang mempercepat kerusakan jalan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pihak terkait dalam merumuskan strategi pemeliharaan jalan yang lebih efektif dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Sipil FTSP
Date Deposited: 23 Sep 2025 01:16
Last Modified: 23 Sep 2025 01:16
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1424

Actions (login required)

View Item
View Item