Fauzan, Al Amin and Dr. Muslim, S.H., M.Pd., Dr. Muslim, S.H., M.Pd. (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN PANCASILA FASE F ELEMEN PANCASILA DENGAN MENGGUNAKAN FLIP BUILDER BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TEAM BASED PROJECT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![COVER, LEMBAR PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB 1 PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER, LEMBAR PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB 1 PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Download (1MB)
![BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (460kB)
![FULL TEKS SKRIPSI.pdf [thumbnail of FULL TEKS SKRIPSI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini berangkat dari kondisi pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah yang masih didominasi penggunaan buku cetak dan metode ceramah yang monoton, sehingga murid kurang terlibat aktif dan cenderung merasa bosan. Padahal, perkembangan teknologi menuntut adanya media pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan murid. Tujuan penelitian adalah menghasilkan e-modul Pendidikan Pancasila berbasis Team Based Project berbantu Flip Builder yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R\&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Dalam penelitian ini, sampel terdiri dari 60 murid kelas F SMA Kartika 1-5 Padang yang terbagi ke dalam dua kelompok. Kelas eksperimen berjumlah 30 murid yang belajar menggunakan e-modul, sedangkan kelas kontrol dengan jumlah sama mengikuti pembelajaran konvensional. Instrumen terdiri dari lembar validasi, lembar praktikalitas, dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validasi oleh validator ahli materi, bahasa, dan desain menunjukkan rata-rata persentase 95,23 dengan kategori sangat valid. Uji praktikalitas diperoleh dari guru dan murid. Dari guru memperoleh persentase sebesar 92,49% dengan kategori sangat praktis, sedangkan dari murid memperoleh persentase 92,99% dengan kategori sangat praktis. Pengujian efektivitas dilakukan melalui pretest dan posttest. Berdasarkan analisis N-Gain, kelas eksperimen menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas eksperimen dengan nilai G>0,70 yaitu 0,77 kategori efektif, Sedangkan N-Gain kelas kontrol pada kategori 0,30 <G> 0,70 yaitu 0,36 yang masuk kategori kurang efektif. Dari hasil pengujian hipotesiss uji-t menunjukkan t(hitung) 9.567 > t(tabel) 2.001, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis H1 dinyatakan diterima. Denagn demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul Pendidikan Pancasila Fase F Elemen Pancasila Dengan Menggunakan Flip Builder Berbasis Model Team Based Project terbukti Valid, Praktis dan Efektif untuk meningkatkan hasil belajar murid di SMA Kartika 1-5 Padang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan |
Depositing User: | PPKN FKIP |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 07:39 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 07:39 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1380 |