Sulis, Anggraini Lopa and Dr. M. Nursi, M.Si, Dr. M. Nursi, M.Si (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS CASE METHOD BERBANTU GOOGLE SLIDES (FASE E ELEMEN NKRI). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB I PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB I PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (3MB)
![BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB)
![FULL TEKS SKRIPSI.pdf [thumbnail of FULL TEKS SKRIPSI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul pembelajaran Pendidikan Pancasila
berbasis Case Method berbantu Google Slides pada Fase E Elemen NKRI yang valid,
praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development
(R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahap Analyze, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation. Hasil validasi menunjukkan e-modul memperoleh skor
ahli materi sebesar 97,14%, ahli bahasa sebesar 98,75%, dan ahli desain sebesar 91,42%.
Rata-rata keseluruhan nilai validasi diperoleh sebesar 95,77% dengan kategori sangat
valid. Untuk praktikalisasi oleh guru 89,23% dengan kategori sangat praktis dan
praktikalisasi oleh siswa 91,58% dengan kategori sangat praktis. Rata-rata keseluruhan
nilai praktikalisasi sebesar 90,40% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya, uji
efektifitas diukur melalui pretest dan posttest. Berdasarkan nilai uji N-Gain score yang
didapatkan nilai hasil belajar pretest dan posttest kelas eksperimen pada kategori G> 0,70
yaitu 0,72 cukup efektif. Sedangkan pada uji N-Gain score yang didapatkan nilai hasil
belajar pretest dan posttest kelas kontrol pada kategori 0,30 <G> 0,70 yaitu 0,45 kurang
efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa validitas e-modul
pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Case Method berbantu Google Slides untuk
kelas X dinyatakan sangat valid baik dari aspek materi, bahasa dan desain. Hasil
praktikalitas dinyatakan sangat praktis baik dari aspek penilaian guru maupun siswa.
Hasil efektifitas dinyatakan sangat efektif melalui uji test pretest dan posttest. Hal ini
menunjukkan bahwa e-modul pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Case Method
berbantu Google Slides telah valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai sumber belajar
atau bahan ajar untuk siswa maupun guru kelas X SMAN 7 Padang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan |
Depositing User: | PPKN FKIP |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 06:59 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 06:59 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1347 |