PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA SDN 55 AIR PACAH KOTA PADANG

Tomi, Kurniawan and Erwinsyah, Satria (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA SDN 55 AIR PACAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI .pdf] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI .pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB KESIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB KESIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of SKRIPSI TOMI KURNIAWAN FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI TOMI KURNIAWAN FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 55 Air Pacah Kota Padang melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media kartu gambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dengan jumlah subjek 20 orang. Penelitian dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan diakhiri dengan tes akhir siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase aktivitas guru pada siklus I yaitu 75% dan meningkat pada siklus II Menjadi 92,5% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh pada siklus I yaitu 60% dengan rata-rata 77,6 dan meningkat pada siklus II yaitu 85% dengan rata-rata hasil 84,3. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media kartu gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 55 Air Pacah Kota Padang. Peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran yang tepat dan sesuai, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media kartu gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 23 Sep 2025 01:49
Last Modified: 23 Sep 2025 01:49
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1332

Actions (login required)

View Item
View Item