Perancangan Perpustakaan Universitas Bung Hatta di Kampus II Proklamator dengan Pendekatan Creative-Programming

Izhoiry, Izmy and Wongso, Jonny and Fajriansyah, Duddy (2025) Perancangan Perpustakaan Universitas Bung Hatta di Kampus II Proklamator dengan Pendekatan Creative-Programming. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf] Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of FULL TEKS SKRIPSI.pdf] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146MB)

Abstract

Perpustakaan perguruan tinggi seharusnya mampu berkembang seiring dengan kebutuhan akademik dan sosial penggunanya, namun fasilitas yang ada di Universitas Bung Hatta belum sepenuhnya menjawab dinamika tersebut. Untuk merespons tantangan ini, perancangan Perpustakaan Universitas Bung Hatta di Kampus II Proklamator akan menggunakan pendekatan creative programming dengan tujuan menghadirkan ruang multifungsi yang mendukung aktivitas akademik, sosial, dan rekreatif. Penelitian ini bertujuan merancang perpustakaan baru dengan pendekatan Creative-Programming yang mampu mengintegrasikan kebutuhan gaya belajar tersebut ke dalam satu wadah yang multifungsi, rekreatif, dan kolaboratif. Metode penelitian dilakukan melalui studi literatur, survei lapangan, analisis kebutuhan pengguna, serta tinjauan standar perpustakaan perguruan tinggi. Melalui kajian literatur, studi preseden, dan observasi lapangan, diperoleh pemahaman bahwa perpustakaan harus berfungsi lebih dari sekadar penyimpanan koleksi, yaitu sebagai pusat pembelajaran kolaboratif, interaksi sosial, dan pertukaran pengetahuan. Konsep perancangan menggabungkan fungsi tradisional perpustakaan dengan fasilitas pendukung seperti ruang diskusi, seminar, pusat media, dan area rekreatif yang disesuaikan dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik, serta mengutamakan fleksibilitas ruang, kenyamanan pengguna, dan keberlanjutan melalui pemanfaatan pencahayaan alami dan elemen hijau. Dengan pendekatan ini, perpustakaan diposisikan sebagai ikon kampus yang mendorong pertumbuhan intelektual, menumbuhkan kreativitas, sekaligus memperkuat citra positif sebagai ruang publik yang inklusif, adaptif, dan relevan dengan kebutuhan masa kini maupun masa depan.
Kata Kunci: Perpustakaan Universitas, Creative-Programming, gaya belajar: visual, auditori, dan kinestetik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Arsitektur
Depositing User: Arsitektur FTSP
Date Deposited: 22 Sep 2025 02:24
Last Modified: 22 Sep 2025 02:24
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1171

Actions (login required)

View Item
View Item