Annisa, Radifah Nurul Badriyah and Nailal, Husna (2025) PENGARUH STRUKTUR MODAL, PERTUMBUHAN PENJUALAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (181kB)
![COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN PENDAHULUAN.pdf
Download (542kB)
![FULLTEKS SKRIPSI.pdf [thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur modal,
pertumbuhan penjualan, pertumbuhan perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai
perusahaan pada perusahaan sektor industri makanan dan minuman yang terdaftar
di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2020–2023. Metode penelitian yang
digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari
laporan keuangan tahunan perusahaan. Sampel penelitian ditentukan menggunakan
metode purposive sampling sehingga diperoleh sejumlah perusahaan yang
memenuhi kriteria. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi data panel
dengan bantuan software EViews, melalui serangkaian uji asumsi klasik dan
pemilihan model regresi yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel
struktur modal berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan,
pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan,
pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan,
dan profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara
simultan, keempat variabel independen tersebut berpengaruh signifikan terhadap
nilai perusahaan. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa manajemen perusahaan
sektor makanan dan minuman perlu memperhatikan keputusan pendanaan serta
strategi peningkatan profitabilitas untuk mendorong peningkatan nilai perusahaan.
Kata Kunci: Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan Perusahaan,
Profitabilitas, Nilai Perusahaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Manajemen FEB |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 07:27 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 07:27 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/981 |