Loza, Genu Aktri and Rita, Eva (2025) ANALISIS KONDISI KERUSAKAN JALAN PERKERASAN LENTUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN METODE BINA MARGA (Studi Kasus : Jalan lintas Sungai penuh – Padang, Ruas Siulak Deras – Kayu Aro)STA 440+000 – 448+000. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![COVER,HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI, dan BAB I PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER,HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI, dan BAB I PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI, dan BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (2MB)
![BAB KESIMPULAN, SARAN dan DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN, SARAN dan DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN, SARAN dan DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (224kB)
![TUGAS AKHIR FULLTEXT.pdf [thumbnail of TUGAS AKHIR FULLTEXT.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TUGAS AKHIR FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (24MB)
Abstract
Kondisi perkerasan jalan yang menurun dapat memengaruhi kenyamanan, keselamatan, serta umur layan jalan. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi kondisi perkerasan untuk menentukan prioritas penanganan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kondisi perkerasan jalan pada ruas Jalan Lintas Sungai Penuh – Padang, tepatnya di segmen Siulak Deras – Kayu Aro (STA 440+000 – 448+000), menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dan metode Bina Marga. Data lapangan dikumpulkan melalui survei visual terhadap jenis, tingkat, dan luas kerusakan, kemudian dianalisis sesuai kriteria masing-masing metode. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai PCI pada ruas tersebut adalah 75,9 yang termasuk kategori memuaskan (satisfactory). Sementara itu, metode Bina Marga menghasilkan urutan prioritas 7, yang berarti ruas jalan ini masuk ke dalam program pemeliharaan rutin. Rekomendasi perbaikan antara lain penutupan retak (crack sealing), penambalan lokal (patching) pada kerusakan lubang dan retak tepi, serta pelapisan ulang tipis untuk mengatasi pengelupasan dan permukaan licin. Dengan demikian, evaluasi ini dapat menjadi dasar pengambilan keputusan dalam manajemen pemeliharaan jalan agar lebih efektif, efisien, dan sesuai kebutuhan lapangan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil |
Depositing User: | Sipil FTSP |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 02:22 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 02:22 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/875 |