Yelmi, Yusnita and Prof. Dr. Erman Har, M.Si., Prof. Dr. Erman Har, M.Si. and Dra. Lisa Deswati, M.Si., Dra. Lisa Deswati, M.Si. (2025) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES (ENE) DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![SKRIPSI YELMI YUSNITA_2110013221010.pdf [thumbnail of SKRIPSI YELMI YUSNITA_2110013221010.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI YELMI YUSNITA_2110013221010.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
![File 1.pdf [thumbnail of File 1.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
File 1.pdf
Download (427kB)
![File 2.pdf [thumbnail of File 2.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
File 2.pdf
Download (108kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Biologi antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples (ENE) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling, melibatkan dua kelas dengan jumlah masing-masing 28 siswa dan 16 siswa, sehingga total sampel berjumlah 44 siswa yang dibagi menjadi kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Penentuan kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dilakukan secara random sampling, dan data dikumpulkan melalui tes akhir (posttest). Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen 1 adalah 89,25 dengan tingkat ketuntasan 89,28%, sementara kelas eksperimen 2 memperoleh rata-rata 83,50 dengan ketuntasan 81,25%. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji-t melalui software SPSS versi 23, diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,035 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Examples Non Examples lebih baik dibandingkan dengan model Think Pair Share dalam meningkatkan hasil belajar Biologi siswa dikelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang (berdasarkan hasil anlisis statistik terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa) di kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, ENE, TPS, Hasil Belajar, Makhluk Hidup Dan Lingkungannya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | PBIO FKIP |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 01:46 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 01:46 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/620 |