Febryka, Rizky and Sikumbang, Nasril and Syafril, Red Savitra (2025) Perancangan Sekolah Menengah Atas Taruna Terintegrasi Dengan Pendekatan Arsitektur Prilaku di Kabupaten Lima Puluh Kota. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
![COVER-PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER-PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER-PENDAHULUAN.pdf
Download (3MB)
![KESIMPULAN - DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of KESIMPULAN - DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KESIMPULAN - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (548kB)
![FULL TEXT.pdf [thumbnail of FULL TEXT.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (39MB)
Abstract
Pendidikan merupakan sarana penting dalam membentuk manusia berkarakter, beretika, dan mandiri sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 20 Tahun 2003. Namun, di Sumatera Barat sarana pendidikan taruna masih belum optimal sehingga kualitas pembelajaran dan pendidikan karakter belum maksimal. Kabupaten Limapuluh Kota dipilih sebagai lokasi pembangunan SMA Taruna Terintegrasi oleh Kementerian Pertahanan karena dinilai strategis untuk pengembangan lembaga pendidikan berstandar nasional. Penelitian ini bertujuan menjadikan SMA Taruna Terintegrasi sebagai pusat pendidikan taruna di Provinsi Sumatera Barat serta memaksimalkan potensi sumber daya manusia di daerah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data primer melalui observasi dan wawancara, serta data sekunder dari dokumen RTRW, kebijakan pemerintah, artikel, dan jurnal. Data dianalisis meliputi aspek fisik, non-fisik, dan site untuk mendukung rancangan sekolah. Perencanaan sekolah ini menggunakan pendekatan arsitektur perilaku yang menekankan peran lingkungan fisik, tata ruang, dan fasilitas dalam mendukung pembentukan karakter dan peningkatan kualitas pembelajaran. Hasil perancangan menghadirkan fasilitas lengkap seperti gedung pendidikan, asrama, masjid, lapangan olahraga, klinik, kantin, hingga ruang ekstrakurikuler. Dengan demikian, SMA Taruna Terintegrasi diharapkan mampu mencetak generasi muda yang unggul secara akademis, berkarakter kuat, berjiwa kepemimpinan, serta siap menghadapi tantangan global dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa.
Kata Kunci: Pendidikan SMA; SMA Taruna; Arsitektur Prilaku
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Arsitektur |
Depositing User: | Arsitektur FTSP |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 03:56 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 03:56 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/414 |