Hayatul, Safitri and Karmila, Suryani and Erwinsyah, Satria (2025) PENERAPAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS IV SD PADA MATA PELAJARAN IPA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![i. COVER, HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI,dan BAB PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of i. COVER, HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI,dan BAB PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
i. COVER, HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI,dan BAB PENDAHULUAN.pdf
Download (887kB)
![ii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of ii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (425kB)
![iii. FULLTEKS SKRIPSI.pdf [thumbnail of iii. FULLTEKS SKRIPSI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
iii. FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament di kelas IV SDN 55 Air Pacah. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV sebanyak 20 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas keterampilan kolaborasi siswa. Berdasarkan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament terdapat peningkatan keterampilan kolaborasi siswa. Dilihat dari peningkatan rata-rata persentase pada hasil perolehan aktivitas guru dan aktivitas keterampilan kolaborasi siswa yaitu Pada siklus I aktivitas guru, dari rata-rata persentase 66,7% dengan keterangan cukup baik, meningkat menjadi 90% dengan kategori baik, pada siklus II. Begitu Juga Pada siklus I, aktivitas kolaborasi siswa masih berada pada kategori kurang baik dengan rata-rata persentase 56,3%. Namun pada siklus II meningkat menjadi 94% dengan kategori baik. dari siklus I sampai siklus II terjadilah peningkatan hal ini membuktikan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Team Games Tournamen dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa di kelas IV SDN 55 Air Pacah karena telah mencapai batas minimum persentase ketuntasan keterampilan kolaborasi siswa.
Kata Kunci: Kolaborasi Siswa, Ilmu Pengetahuan Alam, Team Games Tournamen, Penelitian Tindakan Kelas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 02:16 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 02:16 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1894 |