Imelda, Tagugurat and NINIWATI, NINIWATI (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SMA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![Cover sd BAB I.pdf [thumbnail of Cover sd BAB I.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover sd BAB I.pdf
Download (649kB)
![Penutup dan DAPUS.pdf [thumbnail of Penutup dan DAPUS.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Penutup dan DAPUS.pdf
Download (272kB)
![FULL TEKS SKRIPSI_Imrelda Tagugurat 2025.pdf [thumbnail of FULL TEKS SKRIPSI_Imrelda Tagugurat 2025.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEKS SKRIPSI_Imrelda Tagugurat 2025.pdf
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Hal ini disebabkan penggunaan metode pembelajaran konvensional, Peserta didik jarang diberikan soal trigonometri berbasis kontekstual sehingga mereka kurang aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang telah peneliti lakukan di SMAN 3 Pariaman, media pembelajaran yang digunakan masih didominasi oleh media cetak, seperti buku, LKPD, modul, serta presentasi melalui PowerPoint dan Canva. Hal ini memerlukan pengembangan media pembelajaran yang lebih bervariasi. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis kontekstual pada materi trigonometri kelas X. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berupa media pembelajaran interaktif berbasis kontekstual pada materi trigonometri kelas X, untuk mengetahui bagaimana pengembangan media yang memenuhi kriteria valid, praktis dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research & Development dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan pengembangan yaitu tahap Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Berdasarkan hasil analisis uji validitas dan uji praktikalitas serta uji tes yang telah dilakukan, maka diperoleh nilai hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan kriteria “Valid” dengan skor 82 %, validasi oleh ahli media menunjukkan kriteria “Valid” dengan skor 88 %, dari segi praktikalitas, guru memberikan skor 90 % dengan kriteria “Sangat Valid”, sedangkan peserta didik memberikan skor 82,25% dengan kriteria “Valid”, dan hasil tes menunjjukan rata-rata skor N-gain di 0,65 dengan kriteria “Sedang” serta presentase 65,3 % dengan kiteria “Cukup Efektif” Dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan sudah valid, praktis dan efektiv. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk mengembangkan media ini yang dapat diakses secara offline, agar dapat bermanfaat dan memberikan dampak positif dalam mendukung proses pembelajaran.
Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif berbasis Kontekstual, Trigonometri, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PMAT FKIP |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 08:27 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 08:27 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1853 |