PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MODEL KOOPERATIF SPONTANEOUS TIPE GROUP DISCUSSION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IV SDN 11 PAHAMBATAN BALINGKA KABUPATEN AGAM

Hafizh Awalul, Khair and Wirnita, Eska (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MODEL KOOPERATIF SPONTANEOUS TIPE GROUP DISCUSSION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IV SDN 11 PAHAMBATAN BALINGKA KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of COVER, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN PENDAHULUAN HAFIZH.pdf] Text
COVER, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN PENDAHULUAN HAFIZH.pdf

Download (700kB)
[thumbnail of KESIMPULAN DAN PUSTAKA HAFIZH.pdf] Text
KESIMPULAN DAN PUSTAKA HAFIZH.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of FULLTEKS HAFIZH.pdf] Text
FULLTEKS HAFIZH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan
narasi pada siswa kelas IV di SDN 11 Pahambatan Balingka Kabupaten Agam.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi
dengan Spontaneous Tipe Group Discussion. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus mengikuti siklus PTK
modifiasi Arikunto,dkk. (2017:42). Masing-masing siklus terdiri dari dua kali
pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVSDN 11 Pahambatan
Balingka Kabupaten Agam yang berjumlah 18 orang. Insrumen penelitian yang
digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes siklus
keterampilan menulis karangan narasi siswa. Berdasarkan hasil observasi dapat
diketahui bahwa rata-rata presentase aktivitas guru siklus I sebesar 75%
meningkat menjadi 87,5% di Siklus II. Pada lembar observasi aktivitas siswa rata
rata presentase Siklus I 69% meningkat menjadi 88% di Siklus II. Hasil belajar
siswa pada siklus I, dari 18 orang siswa masih terdapat 11 orang siswa yang
belum mencapai KKTP dan pada siklus II terdapat 3 orang siswa belum mencapai
KKTP. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata tes siklus keterampilan menulis
karangan narasi pada siklus I sebesar 74,72 dengan presetase 61,11% terjadi
peningkatan pada siklus II menjadi 80,83 dengan presentase 88,88%. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan keterampilan
menulis karangan narasi dengan model Kooperatif Spontaneous Tipe Group
Discussion berbantuan media gambar berseri pada siswa kelas IV SDN 11
Pahambatan Balingka Kabupaten Agam.
Kata kunci: Keterampilan, menulis karangan narasi, spontaneous tipe group
discussion, gambar berseri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Sep 2025 08:16
Last Modified: 24 Sep 2025 08:16
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1852

Actions (login required)

View Item
View Item