PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN PANCASILA FASE F ELEMEN NKRI BERBASIS TEAM BASED PROJECT BERBANTU ISPRING SUITE

zahran, ulima syu'ah and Dra. Pebriyenni, M.Si., Dra. Pebriyenni, M.Si. (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN PANCASILA FASE F ELEMEN NKRI BERBASIS TEAM BASED PROJECT BERBANTU ISPRING SUITE. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of COVER, LEMBAR PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_ZahranUlima_2110013311018 OKE FIX 1-5 Cetak.pdf] Text
SKRIPSI_ZahranUlima_2110013311018 OKE FIX 1-5 Cetak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya penggunaan
model pembelajaran satu arah. Kehadiran e-modul diharapkan dapat mengatasi
permasalahan ini, terutama di era teknologi yang memungkinkan murid belajar
melalui perangkat digital. E-modul memungkinkan murid belajar kapan saja
melalui media elektronik, sehingga dapat meningkatkan kualitas proses
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul Pendidikan
Pancasila elemen NKRI berbasis Team-Based Project berbantu iSpring Suite yang
valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model
ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen
penelitian berupa angket. Populasi penelitian adalah seluruh orang yang ada di
SMK Dhuafa Nusantara sebanyak 173 orang, dengan sampel penelitian 60 murid
kelas XI F. Teknik analisis data menggunakan N-gain Score untuk mengukur
efektivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis
Team-Based Project berbantu iSpring Suite telah melalui tahap validasi oleh tiga
ahli, yaitu ahli materi dengan validasi 93,22%, ahli bahasa 100%, dan ahli
media/desain 88,42%. Uji praktikalitas guru memperoleh persentase 89,02%
dengan kategori sangat praktis, sedangkan uji praktikalitas berdasarkan respon
murid mencapai 83,59% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas
melalui perbandingan hasil belajar menunjukkan adanya peningkatan: pada kelas
eksperimen, nilai pretest 59,67 meningkat menjadi posttest 91, sedangkan pada
kelas kontrol nilai pretest 51,33 meningkat menjadi posttest 71. Uji N-Gain Score
pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,8021 atau 80,21% dengan kategori
sangat tinggi. Uji-t menghasilkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, yang berarti
terdapat pengaruh signifikan penggunaan e-modul berbasis Team-Based Project
berbantu iSpring Suite terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila elemen NKRI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan
Depositing User: PPKN FKIP
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:44
Last Modified: 24 Sep 2025 07:44
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1845

Actions (login required)

View Item
View Item