Tiara Adha, Khainy and Siska, Angreni (2025) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI 01 PASAR LABAN KOTA PADANG. Diploma thesis, universitas Bung Hatta.
![COVER, HALAMAN. PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISO.pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN. PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISO.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN. PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISO.pdf
Download (1MB)
![SKRIPSI_GO_WISUDA[1][1].pdf [thumbnail of SKRIPSI_GO_WISUDA[1][1].pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_GO_WISUDA[1][1].pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
![KESIMPULAN, SARAN, DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of KESIMPULAN, SARAN, DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KESIMPULAN, SARAN, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (334kB)
Abstract
Pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 01 Pasar Laban masih berpusat pada
guru, sehingga kreativitas dan hasil belajar peserta didik belum optimal. Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA melalui
penerapan model Project-Based Learning (PjBL). Fokus penilaian kreativitas
individu berdasarkan indikator fluency, flexibility, elaboration, dan originality.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam dua siklus menggunakan model Arikunto. Subjek penelitian adalah 23
peserta didik kelas V. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi
aktivitas guru dan peserta didik, observasi kreativitas individu, serta tes hasil
belajar.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan. Persentase
rata-rata kreativitas peserta didik meningkat dari 60,29% (kategori cukup) pada
siklus I menjadi 82,61% (kategori baik) pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar
juga mengalami peningkatan dari 56,52% pada siklus I menjadi 86,96% pada
siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa model PjBL memberikan dampak
positif terhadap aktivitas dan pencapaian belajar siswa.Saran, guru dapat
menggunakan model ini sebagai strategi pembelajaran aktif dan bermakna dengan
memperhatikan penilaian individu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 01:33 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 01:33 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1788 |