Ella, Ella and Arlina, Yuza (2025) PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN ENGKLEK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN 35 PAGAMBIRAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![FULL TEKS SKRIPSI.pdf [thumbnail of FULL TEKS SKRIPSI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN PENDAHULUAN.pdf
Download (1MB)
![FULL TEKS SKRIPSI.pdf [thumbnail of FULL TEKS SKRIPSI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penerapan permainan tradisional engklek terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 35 Pagambiran. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design dan posttest only. Sampel terdiri atas kelas IIB (21 siswa) sebagai kontrol dan kelas IIC (25 siswa) sebagai eksperimen. Instrumen berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal yang dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen (82,8) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (77,6). Uji-t menghasilkan thitung = 2,181 > ttabel = 1,680 pada taraf signifikan 0,05, sehingga terdapat pengaruh signifikan. Disimpulkan bahwa permainan engklek dapat dijadikan metode inovatif untuk meningkatkan motivasi serta hasil belajar matematika siswa sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 01:39 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 01:39 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1776 |