PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN ENGKLEK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN 35 PAGAMBIRAN

Ella, Ella and Arlina, Yuza (2025) PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN ENGKLEK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN 35 PAGAMBIRAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of FULL TEKS SKRIPSI.pdf] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN PENDAHULUAN.pdf] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of FULL TEKS SKRIPSI.pdf] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penerapan permainan tradisional engklek terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 35 Pagambiran. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design dan posttest only. Sampel terdiri atas kelas IIB (21 siswa) sebagai kontrol dan kelas IIC (25 siswa) sebagai eksperimen. Instrumen berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal yang dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen (82,8) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (77,6). Uji-t menghasilkan thitung = 2,181 > ttabel = 1,680 pada taraf signifikan 0,05, sehingga terdapat pengaruh signifikan. Disimpulkan bahwa permainan engklek dapat dijadikan metode inovatif untuk meningkatkan motivasi serta hasil belajar matematika siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Sep 2025 01:39
Last Modified: 24 Sep 2025 01:39
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1776

Actions (login required)

View Item
View Item