Sri Vomi Mahatta, S.Pd, Vomi and Rona Taula Sari, S.Si., M.Pd., Rona (2025) Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPA SDN 13 Kuranji Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, BAB I PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, BAB I PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (1MB)
![COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, BAB I PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, BAB I PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (1MB)
![BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (280kB)
![FULL TEXT.pdf [thumbnail of FULL TEXT.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya hubungan minat belajar
dengan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPA SDN 13
Kuranji Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif
dengan pendekatan korelasional (correlational research. teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. sampel penelitian terdiri
dari kelas VI A, VI B, VI C. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan
positif antara minat belajar dengan hasil belajar, dengan nilai koefisien 0,195.
Meskipun hubungan ini tergolong sangat rendah, namun tetap memberikan makna
bahwa peningkatan minat belajar akan diikuti dengan peningkatan hasil belajar,
meskipun tidak secara signifikan. Koefisien determinasi yang hanya sebesar 2,4%
juga memperkuat bukti bahwa minat belajar bukanlah satu-satunya faktor yang
menentukan hasil belajar siswa. Temuan ini sejalan dengan penelitian Nugraha
(2020) yang menunjukkan bahwa minat belajar hanya memberikan kontribusi
kecil terhadap hasil belajar, sementara faktor motivasi dan strategi pembelajaran
memiliki pengaruh yang lebih besar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:18 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:18 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1743 |