Tasya, Ramadani and Enjoni, Enjoni and Rona, Taula Sari and Siska, Angreni (2025) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI CANVA PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI CIRI-CIRI LINGKUNGAN SEHAT DAN TIDAK SEHAT SISWA KELAS III SDN 29 SUNGAI NIPAH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![FULL TEXT SKRIPSI..pdf [thumbnail of FULL TEXT SKRIPSI..pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT SKRIPSI..pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB 1 PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB 1 PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Download (1MB)
![BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA..pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA..pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA..pdf
Download (429kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berbasis aplikasi canva pada mata pelajaran IPAS di kelas III SDN dimana peserta didik akan belajar berdasarkan media yang telah divalidasi dan sudah terkategori valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) Melalui tahapan 3-D (Define, Design, dan Develop). Data diperoleh berdasarkan angket validasi ahli media, ahli materi dan ahli bahasa, serta angket praktikalitas respon guru dan peserta didik. Hasil media yang dikembangkan, diperoleh hasil tingkat validitas media interaktif berbasis aplikasi canva pada mata pelajaran IPAS dengan jumlah keseluruhan nilai validasi 0,864 dalam kategori sangat valid. Hasil dari uji validasi oleh ahli media yaitu 0,888 dengan kategori sangat valid, hasil uji validitas materi sebesar 0,817 dengan kategori sangat valid, dan hasil validitas Bahasa sebesar 0,888 dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil uji praktikalitas memperoleh persentase sebesar 92,98% dengan kategori sangat praktis untuk angket respon guru 94,66% untuk angket respon peserta didik berjumlah 13 orang dengan kategori sangat praktis dengan nilai 91,30%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi canva pada mata pelajaran IPAS di kelas III SDN 29 Sungai Nipah telah terbukti valid dan praktis dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:28 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:28 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1740 |