Rahmat, Riyan Hidayat and Enjoni, Enjoni (2025) HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD NEGERI 14 BANDA GADANG KECAMATAN TANJUNG MUTIARA KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas BungHatta.
![COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf
Download (977kB)
![BAB KESIMPULAN PEMBAHASAN dan DAFTAR ISI-1.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN PEMBAHASAN dan DAFTAR ISI-1.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN PEMBAHASAN dan DAFTAR ISI-1.pdf
Download (194kB)
![FULLTEKS SKRIPSI.pdf [thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hubungan self efficacy dengan hasil belajar siswa pada sd negeri 14 banda gadang kecamatan tanjung mutiara. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional, metode yang dilakukan adalah dengan menggunakan angket dan kuesioner merupaka teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan pernyataan tertulis kepada 31 responden. Instrumen penelitian yang digunakan angket ataupun kuesioner dan hasil PTS (penilian tengah semester genap). Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil analisa mendapatkan hasil r hitung = 0,694 sedangkan r tabel dengan nilai = 29 pada taraf kesalahan 5% = 0,367. Dengan demikian nilai r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signifikansi 5% (0,694 > 0,367). Hasil analisa data tersebut dikonsultasikan dengan tabel interprestasi dimana r hitung sebesar 0,694 terletak antara 0,60 - 0,799 yang artinya self efficacy dan hasil belajar memiliki tingkat hubungan kuat. Dapat disimpulkan Self efficacy merupakan sebuah bentuk penilaian individu secara pribadi terhadap kemampuannya dalam menggerakan sebuah motivasi serta kognitif yang akan digunakan untuk menghadapi sebuah tuntutan salam sebuah situasi. Peneliti menyarankan agar guru untuk aktif dalam proses perencanaan kurikulum merdeka dengan berbagai ide, metode pembelajaran dan sumber daya dengan sesame guru. Selain itu persiapkan materi pembelajaran yang menarik serta memberikan umpan balik yang baik kepada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:36 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:36 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1724 |