Annisa, Warda and Arlina, Yuza and ZULFA, AMRINA and Rieke, Alyusfitri (2025) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA MATERI PENJUMLAHAN KELAS 1 SD NEGERI 29 SUNGAI NIPAH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![FULL TEXT SKRIPSI.pdf [thumbnail of FULL TEXT SKRIPSI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI,dan BAB I PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI,dan BAB I PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI,dan BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (875kB)
![BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (132kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berbasis aplikasi Canva yang berorientasi kearifan lokal pada materi penjumlahan untuk siswa kelas I SD Negeri 29 Sungai Nipah. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2024/2025 dengan menggunakan model Research and Development (R&D) melalui tahapan 3-D (Define, Design, dan Develop), tanpa tahap Disseminate karena keterbatasan waktu. Tahap Define mencakup analisis kurikulum, kebutuhan, dan karakteristik peserta didik. Tahap Design melibatkan perancangan media interaktif Canva melalui storyboard. Tahap Develop difokuskan pada uji validasi dan uji praktikalitas media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang sangat baik. Validasi dilakukan oleh dua dosen ahli, yaitu ahli materi dan ahli desain. Validasi oleh ahli materi memperoleh skor 90,62% (sangat valid), sedangkan validasi oleh ahli desain mencapai 83,33% (sangat valid), dengan rata-rata keseluruhan 87,5% (sangat valid). Pada uji praktikalitas, instrumen diuji oleh satu guru dan 16 peserta didik kelas I. Data diperoleh melalui angket respon guru dan peserta didik. Hasilnya, praktikalitas dari guru mencapai 95,83% (sangat praktis), dan dari peserta didik 92,44% (sangat praktis), dengan rata-rata keseluruhan 94,13% (sangat praktis). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Canva yang berorientasi kearifan lokal memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan bagi peserta didik kelas I di Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:40 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:40 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1721 |