ANALISIS BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIAKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI ASIMILASI DAN AKOMODASI

Oki Oktriandi, Idrio and Syukma, Netti (2025) ANALISIS BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIAKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI ASIMILASI DAN AKOMODASI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of cover s.d bab1.pdf] Text
cover s.d bab1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V dan pustaka.pdf] Text
BAB V dan pustaka.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of full skripsi oki.pdf] Text
full skripsi oki.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa masih terdapat kesulitan dan
kesalahan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika, ini
terlihat dari bagaimana proses berpikir yang dialami oleh siswa dalam
menyelesaikan soal. Proses berpikir menurut Piaget yaitu terjadi adaptasi
pengalaman baru dengan skemata (skema-skema). Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal matematika
berdasarkan Teori Asimilasi dan Akomodasi. Metode penelitian yang digunakan
yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sampel
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A SMPN 03 Batang Kapas di Dari 24
lembar hasil kerja siswa diperoleh 1 orang menjawab lengkap dan benar, 23 orang
siswa menjawab kurang lengkap. Dari data 24 siswa tersebut, peneliti melanjutkan
untuk tahap wawancara sebanyak 2 orang siswa yaitunya 1 orang menjawab
lengkap dan benar, 1 orang menjawab kurang lengkap. Adapun hasil penelitian
yang
ditemui mengenai proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal
matematika berdasarkan teori asimilasi dan akomodasi didapat 2 proses berpikir
yaitu (1) Proses Berpikir Asimilasi kesesuaian skema, (2) Proses Berpikir Asimilasi
ketidaksesuaian skema dan Akomodasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 24 Sep 2025 05:54
Last Modified: 24 Sep 2025 05:54
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1694

Actions (login required)

View Item
View Item