PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIVE LEARNING DESIGN FRAMEWORK (ILDF) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI SISWA KELAS VII SMP N 2 SIJUNJUNG

LIZARTI, LIZARTI and Ineng, Naini and Hasnul, Fikri (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIVE LEARNING DESIGN FRAMEWORK (ILDF) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI SISWA KELAS VII SMP N 2 SIJUNJUNG. Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of i.pdf] Text
i.pdf

Download (803kB)
[thumbnail of ii.pdf] Text
ii.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of iii.pdf] Text
iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran ILDF
terhadap keterampilan menulis teks berita dengan motivasi belajar sebagai variabel
mediasi. Motivasi belajar dijadikan variabel mediasi karena berperan menjembatani
pengaruh model ILDF terhadap keterampilan menulis teks berita. Motivasi belajar
berpengaruh terhadap model pembelajaran ILDF serta meningkatkan kemampuan
menulis teks berita. Latar belakang penelitian ini adalah keterampilan menulis teks berita
siswa kelas VII SMPN 2 Sijunjung belum mencapai KKTP yaitu 72, sehingga diperlukan
penerapan model pembelajaran ILDF.Penelitian ini mengacu pada teori yang
dikemukakan oleh Tarigan (2008) tentang menulis, Prawiradilaga (2008) tentang ILDF,
serta teori motivasi belajar menurut Uno (2016). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII
SMP Negeri 2 Sijunjung tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling (sampel acak) dengan cara
random yaitu kelas VII 2 dan kelas VII 3 yang masing-masing berjumlah 31 orang.
Data diperoleh melalui tes keterampilan menulis teks berita dan angket motivasi belajar,
kemudian dianalisis menggunakan uji jalur (path analysis) untuk mengetahui pengaruh
langsung maupun tidak langsung antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
model pembelajaran ILDF berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan
menulis teks berita siswa, sekaligus meningkatkan motivasi belajar. Hal ini dapat dilihat
dari rata-rata hasil postes kelas eksperimen yaitu 79,54 sedangkan rata-rata hasil postes
kelas kontrol hanya 63,58. Peningkatan nilai gain kelas eksperimen mencapai 15,94, jauh
lebih tinggi daripada kelas kontrol yang hanya 2,84. Peningkatan keterampilan menulis
teks berita didapat dari hasil penilaian, meliputi ketepatan penulisan judul, kelengkapan
unsur-unsur adiksimba, penggunaan kaidah kebahasaan yang sesuai, seperti penulisan
tanda baca, kalimat, dan struktur pada kerangka teks berita. Selain itu, ILDF juga terbukti
meningkatkan motivasi belajar siswa dan berperan sebagai variabel mediasi dalam
memperkuat pengaruh terhadap keterampilan menulis teks berita. Peningkatan ini terjadi
karena ILDF menerapkan pembelajaran yang interaktif, kontekstual, dan menarik
sehingga siswa lebih termotivasi untuk berlatih menulis secara tekun dan kreatif.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model ILDF berpengaruh terhadap motivasi
sekaligus keterampilan menulis teks berita siswa, sehingga menjadi alternatif model
pembelajaran inovatif yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka.

Kata Kunci: Integrative Learning Design Framework (ILDF), motivasi belajar,
keterampilan menulis teks berita, variabel mediasi, Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Magister PINDO FKIP
Date Deposited: 23 Sep 2025 07:16
Last Modified: 23 Sep 2025 07:16
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1622

Actions (login required)

View Item
View Item