Anggun, Destria Ramadani and Risa, Yulisna (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) DI KELAS IV SDN 09 KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![BAB SIMPULAN, SARAN, DAFTAR PUSTAKA.docx [thumbnail of BAB SIMPULAN, SARAN, DAFTAR PUSTAKA.docx]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB SIMPULAN, SARAN, DAFTAR PUSTAKA.docx
Download (106kB)
![COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.docx [thumbnail of COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.docx]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.docx
Download (1MB)
![FULLTEKS SKRIPSI.docx [thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI.docx]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULLTEKS SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan membaca siswa kelas IV SDN 09 Kinali Kabupaten Pasaman Barat yang disebabkan pada saat digunakan sehingga ketercapaian anak dalam membaca masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan membaca siswa pembelajaran guru masih sulit menentukan model pembelajaran yang cocok melalui model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) dan mendeskripsikan sejauh mana hasil belajar keterampilan membaca melalui model Cooperative Integrated Reading Composition bagi siswa kelas IV SDN 09 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penelitian ini adalah kelas IV SDN 09 Kinali Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 18 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar kerja peserta didik (LKPD), lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa. Persentase lembar aktivitas guru pada siklus I, 70%, dan siklus II, 80%. Jadi, persentase lembar observasi aktivitas guru mengalami kenaikan sebesar 10% karena telah melakukan evaluasi antara peneliti dengan guru kelas selaku observer. Persentase lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I, 69%, dan pada siklus II, 82%. Jadi, persentase lembar observasi aktivitas siswa mengalami kenaikan sebesar 13%, hal tersebut terjadi karena pada tahap refleksi peneliti telah melakukan evaluasi pada pelaksanaan penelitian. Ketuntasan hasil belajar keterampilan membaca siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase keterampilan membaca siswa pada siklus I, 75%, Pada siklus II, 86% terjadi peningkatan sebesar 11%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dalam keterampilan membaca siswa dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading Composition dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IV SDN 09 Kinali Kabupaten Pasaman Barat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 07:27 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 07:27 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1603 |