Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan Menggunakan Model Pembelajaran Scramble di SDN 55 Air Pacah Kota Padang

Stefany, Aditya S and M., Tamrin (2025) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan Menggunakan Model Pembelajaran Scramble di SDN 55 Air Pacah Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB KESIMPULUAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB KESIMPULUAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI FANY.pdf] Text
FULLTEKS SKRIPSI FANY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran scramble. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas V SDN 55 Air Pacah Kota Padang tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah 25 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan alur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa persentase aktivitas guru pada siklus I mencapai 62% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87%. Hasil data lembar observasi semangat belajar siswa pada siklus I sebesar 54,5% meningkat menjadi 76,5% pada siklus II. Hasil motivasi senang belajar siswa pada siklus I mendapatkan rat-rata persentase 56,5% dan meningkat menjadi 77,5% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I 44%% atau 11 orang siswa yang mencapai nilai ketuntasan. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 84% atau 21 orang siswa yang mencapai nilai ketuntasan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar Pendidikan Pancasila pada siswa kelas V SDN 55 Air Pacah dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran scramble.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 23 Sep 2025 07:22
Last Modified: 23 Sep 2025 07:22
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1600

Actions (login required)

View Item
View Item