NOFREZKI, RAMADHAN and Veronika, Veronika (2025) ANALISIS KERUSAKAN JALAN BERDASARKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN METODE INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) (Studi Kasus : Ruas Jalan Raya Sicincin – Kurai Taji Kabupaten Padang Pariaman, KM 47+300 - KM 52+300). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
![COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB PENDAHULUAN.pdf
Download (1MB)
![BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA (2).pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA (2).pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA (2).pdf
Download (703kB)
![FULLTEKS SKRIPSI.pdf [thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (27MB)
Abstract
Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang sangat penting untuk mendukung mobilitas masyarakat serta aktivitas sosial dan ekonomi. Kerusakan pada jalan dapat menurunkan kenyamanan, keamanan, serta menghambat kelancaran lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi perkerasan pada ruas Jalan Raya Sicincin–Kurai Taji KM 47+300 hingga KM 52+300 dengan menggunakan dua metode, yaitu Pavement Condition Index (PCI) dan International Roughness Index (IRI). Metode PCI digunakan untuk menilai kondisi perkerasan berdasarkan jenis, tingkat, dan luas kerusakan, sedangkan metode IRI digunakan untuk mengevaluasi tingkat kerataan permukaan jalan yang berpengaruh pada kenyamanan berkendara. Pengumpulan data dilakukan melalui survei lapangan dengan pembagian unit penelitian setiap 100 meter. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa ruas jalan mengalami berbagai jenis kerusakan, antara lain retak kulit buaya, lubang, tambalan, dan amblas. Nilai PCI rata-rata yang diperoleh adalah 67,8 dengan kategori Baik (Good), sedangkan nilai IRI rata-rata sebesar 3,54 m/km yang juga termasuk kategori Baik (Good). Berdasarkan hasil tersebut, kondisi perkerasan jalan masih tergolong baik, sehingga penanganan yang direkomendasikan adalah pemeliharaan rutin dan berkala untuk memperpanjang umur layanan jalan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi instansi terkait dalam merencanakan strategi pemeliharaan jalan yang lebih efektif.
Kata Kunci: kerusakan jalan, PCI, IRI, RoadRoid, perkerasan lentur,
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil |
Depositing User: | Sipil FTSP |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 06:08 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 06:08 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1596 |