ABDUSSALAM, ABDUSSALAM and Evince, Oktarina (2025) ANALISA KINERJA BUS TRANS PADANG KORIDOR II IMAM BONJOL-BUNGUS TELUK KABUNG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![COVER,PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN_ABDUSSALAM 1910015211151.pdf [thumbnail of COVER,PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN_ABDUSSALAM 1910015211151.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER,PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN_ABDUSSALAM 1910015211151.pdf
Download (3MB)
![BAB KESIMPULAN,SARAN,DAFTAR PUSTAKA_ABDUSSALAM 1910015211151.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN,SARAN,DAFTAR PUSTAKA_ABDUSSALAM 1910015211151.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN,SARAN,DAFTAR PUSTAKA_ABDUSSALAM 1910015211151.pdf
Download (519kB)
![FULL SKRIPSI_ABDUSSALAM 1910015211151.pdf [thumbnail of FULL SKRIPSI_ABDUSSALAM 1910015211151.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL SKRIPSI_ABDUSSALAM 1910015211151.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja operasional Bus Trans Padang Koridor II (Imam Bonjol – Bungus Teluk Kabung) serta menilai karakteristik penumpang berdasarkan standar pelayanan minimal angkutan umum. Data penelitian diperoleh melalui survei lapangan yang meliputi observasi dinamis dan statis, wawancara dengan pengguna serta staf operasional, dan penyebaran kuesioner kepada 80 responden dengan teknik random sampling. Analisis dilakukan berdasarkan indikator Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum (Departemen Perhubungan, 2002), mencakup kapasitas kendaraan, faktor muat (load factor), waktu siklus (cycle time), kecepatan perjalanan, waktu tunggu, serta keterlambatan operasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapasitas dan waktu siklus bus telah sesuai dengan standar, namun indikator load factor, jumlah armada, dan waktu perjalanan belum memenuhi ketentuan. Rata-rata headway yang diperoleh sebesar 9,07 menit dengan waktu tunggu sekitar 5 menit. Dari sisi karakteristik penumpang, mayoritas pengguna adalah perempuan (59%), berusia 26–35 tahun (56%), dan bekerja sebagai pegawai swasta (62,5%). Temuan ini menunjukkan perlunya penambahan armada dan perbaikan manajemen operasional agar kinerja layanan Bus Trans Padang Koridor II lebih optimal dan sesuai standar pelayanan minimal.
Kata Kunci: kinerja operasional, Trans Padang, angkutan umum, load factor, pelayanan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil |
Depositing User: | Sipil FTSP |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 05:49 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 05:49 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1586 |