Mesi, Gusli and Erwinsyah, Satria (2025) PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DENGAN MENGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN SPINNING WHEEL DI SDN 55 AIR PACAH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB I PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB I PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (445kB)
![BAB KESIMPULAN SARAN dan DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN dan DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN dan DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (141kB)
![FULLTEKS SKRIPSI.pdf [thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Permainan Spinning Wheel Di Kelas IV SDN 55 Air Pacah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana satu siklus terdiri dari dari dua kali pertemuan dan dilanjutkan dengan tes di akhir siklus. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi minat siswa dan lembar tes hasil belajar. Bersadarkan hasil penelitian persentase aktivitas guru pada siklus I 67,5% meningkat pada siklus II 90% dan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Tipe Jigsaw dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan minat belajar siswa dari siklus I 71% menjadi 88% di siklus II. Di mana rata-rata hasil tes hasil belajar di siklus I 65,25 dengan ketuntasan 55% meningkat 80,48 dengan ketuntasan 85% di siklus II. Dapat disimpulkan terjadi peningkatan minat dan hasil belajar siswa di SDN 55 Air Pacah dan disarankan agar guru menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantuan media permainan spinning wheel dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 07:09 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 07:09 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1581 |