Fazlan, Rahman and Eva, Rita (2025) EVALUASI KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL (Studi Kasus : Persimpangan By Pass - Kuranji Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB I PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB I PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (802kB)
![BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (229kB)
![FULL TEXT TUGAS AKHIR.pdf [thumbnail of FULL TEXT TUGAS AKHIR.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor yang pesat di Kota Padang mengakibatkan peningkatan volume lalu lintas yang sering menimbulkan kemacetan, terutama pada simpang bersinyal. Penelitian ini berfokus pada evaluasi kinerja Simpang Empat Bersinyal By Pass Kuranji dengan tujuan menilai tingkat pelayanan (Level of Service) serta memberikan rekomendasi perbaikan. Metode yang digunakan mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2023) dengan parameter utama meliputi kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan rata-rata, dan panjang antrean. Hasil analisis menunjukkan bahwa simpang tersebut berada pada tingkat pelayanan rendah terutama pada pagi dan sore hari, dengan nilai derajat kejenuhan rata-rata eksisting 1,38. Nilai derajat kejenuhan (DJ) tercatat di atas 0,85 menunjukkan bahwa derajat kejenuhan mendekati atau melebihi ambang batas, hasil analisis panjang antrian rata-rata yang di dapat mencapai ±360 meter, serta tundaan rata-rata sebesar 96,71 detik/smp. Tingkat pelayanan (LOS) berada pada kategori F atau sangat buruk sehingga terjadi tundaan signifikan pada jam sibuk. Rekomendasi yang diusulkan antara lain optimasi siklus sinyal, penambahan lajur pada pendekat utama, serta pelarangan belok kanan pada kinerja simpang menunjukkan peningkatan yang signifikan. Nilai DJ rata-rata berhasil turun menjadi 0,57, panjang antrian berkurang sekitar 40%, tundaan rata-rata menurun menjadi 24,42 detik/smp, dan LOS meningkat ke kategori C. Implementasi solusi tersebut diharapkan dapat memperbaiki arus lalu lintas, serta meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Dengan demikian, hasil penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi instansi terkait dalam merencanakan dan mengelola sistem transportasi perkotaan.
Kata Kunci: Simpang Bersinyal, Evaluasi Kinerja, Derajat Kejenuhan, PKJI 2023.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil |
Depositing User: | Sipil FTSP |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:03 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:03 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1492 |