PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN PANCASILA FASE E ELEMEN UUD 1945 BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU PLATFORM GENIALLY

RAHMAT, FAJRI and Nama, Pebriyenni (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN PANCASILA FASE E ELEMEN UUD 1945 BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU PLATFORM GENIALLY. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of COVER, LEMBAR PENGESAHAN,ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB 1 PENDAHULUAN.pdf] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN,ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of FULL TEKS Skripsi.pdf] Text
FULL TEKS Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan bahan ajar yang digunakan oleh guru masih terpaku pada buku paket, kemudian model pembelajaran cenderung bersifat ceramah dan belum tersedianya e-modul. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul Pendidikan Pancasila Fase E Elemen UUD 1945 berbasis Problem Based Learning berbantu platform Genially yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan desain pengembangan meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Proses pengembangan e modul dilakukan dengan mendesain materi menggunakanaplikasi canva, kemudian dikonversi menjadi PDF dan dipublikasikan melalui web Genially. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi dari tiga ahli (materi, bahasa, desain), angket praktikalitas untuk guru dan murid, serta tes hasil belajar pretest dan posttest. Populasi penelitian adalah 50 murid kelas X di SMA Kartika 1-5 Padang, dengan sampel dua kelas yang dipilih secara random sampling, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data mencakup analisis persentase validasi dan praktikalitas, Uji NGain Score untuk membandingkan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol, serta untuk mengukur efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validasi dari tiga ahli, yaitu ahli materi, bahasa, dan desain, dengan presentasi (>90%) dikategorikan sangat valid. Uji Praktikalitas dilakukan oleh guru dengan hasil (92%) dan praktikalitas oleh murid (95,2%). Uji Efektifitas dilakukan pada kelas sampel (eksperimen dan kontrol) data hasil belajar menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol dengan nilai N-Gain Score 0,71 dikategorikan efektif. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan nilai signifikasi 0,00 < 0,05, H1 diterima, Dapat disimpulkan bahwa e-modul Pendidikan Pancasila fase e elemen UUD 1945 berbasis Problem Based Learning berbantu platform Genially layak digunakan karena terbukti valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan
Depositing User: PPKN FKIP
Date Deposited: 23 Sep 2025 01:14
Last Modified: 23 Sep 2025 01:14
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1421

Actions (login required)

View Item
View Item