Aulia, Nugraha and Risayanti, Risayanti (2025) ANALISA KERUSAKAN JALAN PERKERASAN LENTUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI), DAN BINA MARGA STUDI KASUS: RUAS TANAH BADANTUANG – SUNGAI LANSEK KABUPATEN SIJUNJUNG STA 111+000 – STA 116+000. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![COVER - BAB 1.pdf [thumbnail of COVER - BAB 1.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER - BAB 1.pdf
Download (1MB)
![BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (200kB)
![FULL TEXT.pdf [thumbnail of FULL TEXT.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (18MB)
Abstract
Abstrak
Jalan merupakan salah satu infrastruktur vital yang berperan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, sosial, dan mobilitas masyarakat. Namun, seiring dengan meningkatnya beban lalu lintas, kondisi drainase yang tidak optimal, serta curah hujan yang tinggi, jalan sering mengalami kerusakan yang berdampak pada keselamatan dan kenyamanan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kerusakan jalan pada ruas Tanah Badantuang – Sungai Lansek, Kabupaten Sijunjung, dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dan metode Bina Marga. Data diperoleh melalui survei visual di lapangan untuk mengidentifikasi jenis, tingkat, dan luas kerusakan, yang kemudian dianalisis dengan kedua metode tersebut.Hasil perhitungan PCI menunjukkan nilai indeks kondisi perkerasan pada ruas STA 111+000 – STA 126+000 berkisar antara 78,33 hingga 92,50, yang merepresentasikan kondisi jalan secara umum berada pada kategori Baik hingga Sangat Baik. Sementara itu, hasil analisis dengan metode Bina Marga menunjukkan bahwa kondisi jalan berada dalam kategori mantap, dengan segmen kerusakan ringan cukup ditangani melalui pemeliharaan rutin, sedangkan segmen dengan kerusakan lebih berat memerlukan pemeliharaan berkala berupa overlay tipis hingga perbaikan struktural lokal. Analisis juga dilengkapi dengan perhitungan kapasitas drainase guna mengetahui pengaruh sistem aliran air terhadap kerusakan jalan, di mana hasilnya menunjukkan bahwa saluran yang direncanakan masih mampu menampung debit rencana periode ulang 10 tahun.Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh klasifikasi kondisi jalan yang membutuhkan tindakan pemeliharaan berkala hingga peningkatan jalan pada beberapa segmen. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi instansi terkait dalam menentukan prioritas program pemeliharaan dan perbaikan jalan, sehingga kinerja infrastruktur transportasi dapat terjaga secara berkelanjutan.
Kata Kunci: kerusakan jalan, perkerasan lentur, Pavement Condition Index (PCI), Bina Marga, drainase.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil |
Depositing User: | Sipil FTSP |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 01:12 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 01:12 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1420 |