PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS CASE METHOD BERBANTU FLIP BUILDER FASE E ELEMEN UUD 1945

Dinda, Puspita and Dra. Pebriyenni, M.Si., Dra. Pebriyenni, M.Si. (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS CASE METHOD BERBANTU FLIP BUILDER FASE E ELEMEN UUD 1945. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of COVER, LEMBAR PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB 1 PENDAHULUAN (2).pdf] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB 1 PENDAHULUAN (2).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA (2).pdf] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA (2).pdf

Download (451kB)
[thumbnail of FULL TEKS SKRIPSI.pdf] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan sumber belajar di sekolah yang cenderung hanya menggunakan buku cetak serta pembelajaran yang bersifat satu arah, sehingga diperlukan pengembangan media ajar berbasis digital yang lebih interaktif. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan e-modul Pendidikan Pancasila berbasis Case Method berbantu Flip Builder pada Fase E elemen UUD 1945 yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian adalah 60 siswa kelas X SMA Negeri 5 Padang yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu 30 siswa pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan e-modul, dan 30 siswa pada kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang di gunakan terdiri dari lembar validasi, lembar praktikalitas, dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas e-modul dari tiga ahli yaitu ahli materi, bahasa, dan desain dengan rata-rata persentase sebesar 93,15% dengan kategori sangat valid. Uji praktikalitas oleh guru memperoleh persentase 100% dengan kategori sangat praktis, sedangkan oleh siswa memperoleh rata-rata persentase 94,11% dengan kategori sangat praktis. Uji efektivitas berdasarkan tes hasil belajar berupa pretest dan posttest, analisis N-Gain menunjukkan peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen pada kategori G> 0,70 yaitu 0,74 efektif. N-Gain Skor pada kelas kontrol pada kategori 0,30 <G> 0,70 yaitu 0,39 kurang efektif. Dari hasil pengujian hipotesiss uji-t menunjukkan t(hitung) 9.567 > t(tabel) 2.001, Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul Pendidikan Pancasila berbasis Case Method berbantu Flip Builder valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Fase E elemen UUD 1945.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan
Depositing User: PPKN FKIP
Date Deposited: 23 Sep 2025 01:08
Last Modified: 23 Sep 2025 01:08
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1415

Actions (login required)

View Item
View Item