Desy, Kusvina Fitriany and ., Pebriyenni (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD PENDIDIKAN PANCASILA FASE C BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN BERBANTUAN ADOBE ANIMATE. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.docx [thumbnail of COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.docx]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.docx
Download (2MB)
![BAB SIMPULAN, SARAN, DAFTAR PUSTAKA.docx [thumbnail of BAB SIMPULAN, SARAN, DAFTAR PUSTAKA.docx]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB SIMPULAN, SARAN, DAFTAR PUSTAKA.docx
Download (121kB)
![FULLTEKS SKRIPSI.docx [thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI.docx]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULLTEKS SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only
Download (23MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik elektronik Pendidikan Pancasila fase C berbasis model project based learning dengan berbantuan Adobe Animate yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Reseach and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Prosedur penelitian ini terdiri dari analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik fase C kelas VI SD Negeri 01 Ulak Karang Selatan, Kota Padang yang berjumlah 15 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validitas, praktikalitas dan efektivitas. Data validitas diperoleh dari 3 pakar ahli yaitu ahli materi, ahli media/desain dan ahli bahasa. Data praktikalitas diperoleh dari guru dan peserta didik serta untuk data efektivitas menggunakan soal pretest dan posttest yang diberikan kepada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian E-LKPD yang dikembangkan memiliki validitas sangat valid dengan persentase rata-rata yaitu 87,62%. Hasil dari praktikalitas E-LKPD yang dikembangkan sangat praktis digunakan dengan nilai rata-rata oleh guru 92,91% dan nilai rata-rata praktikalitas oleh peserta didik yaitu 91,59%. Untuk mengetahui keefektifan E-LKPD menggunakan soal pretest dan posttest yang diberikan kepada peserta didik dengan hasil peningkatan persentase 86,7% dan hasil uji N-Gain yaitu 0,85 dengan kriteria sangat efektif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD Pendidikan Pancasila fase C berbasis model project based learning dengan berbantuan Adobe Animate yang dikembangkan memiliki validitas, praktikalitas, dan efektivitas yang tinggi, sehingga layak digunakan pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila fase C.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 02:47 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 02:57 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1410 |