Desy, Kusvina Fitriany and ., Pebriyenni (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD PENDIDIKAN PANCASILA FASE C BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN BERBANTUAN ADOBE ANIMATE. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.docx
Download (2MB)
BAB SIMPULAN, SARAN, DAFTAR PUSTAKA.docx
Download (121kB)
FULLTEKS SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only
Download (23MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik elektronik Pendidikan Pancasila fase C berbasis model project based learning dengan berbantuan Adobe Animate yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Reseach and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Prosedur penelitian ini terdiri dari analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik fase C kelas VI SD Negeri 01 Ulak Karang Selatan, Kota Padang yang berjumlah 15 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validitas, praktikalitas dan efektivitas. Data validitas diperoleh dari 3 pakar ahli yaitu ahli materi, ahli media/desain dan ahli bahasa. Data praktikalitas diperoleh dari guru dan peserta didik serta untuk data efektivitas menggunakan soal pretest dan posttest yang diberikan kepada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian E-LKPD yang dikembangkan memiliki validitas sangat valid dengan persentase rata-rata yaitu 87,62%. Hasil dari praktikalitas E-LKPD yang dikembangkan sangat praktis digunakan dengan nilai rata-rata oleh guru 92,91% dan nilai rata-rata praktikalitas oleh peserta didik yaitu 91,59%. Untuk mengetahui keefektifan E-LKPD menggunakan soal pretest dan posttest yang diberikan kepada peserta didik dengan hasil peningkatan persentase 86,7% dan hasil uji N-Gain yaitu 0,85 dengan kriteria sangat efektif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD Pendidikan Pancasila fase C berbasis model project based learning dengan berbantuan Adobe Animate yang dikembangkan memiliki validitas, praktikalitas, dan efektivitas yang tinggi, sehingga layak digunakan pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila fase C.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Depositing User: | PGSD FKIP |
| Date Deposited: | 23 Sep 2025 02:47 |
| Last Modified: | 23 Sep 2025 02:57 |
| URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1410 |
