PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS TEAM BASED PROJECT BERBANTU PUBLUU FLIPBOOKS FASE E ELEMEN BHINEKA TUNGGAL IKA

YUNDA, AMELIA and nama, Pebriyenni (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS TEAM BASED PROJECT BERBANTU PUBLUU FLIPBOOKS FASE E ELEMEN BHINEKA TUNGGAL IKA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of COVER-HALAMAN PENGESAHAN-PERSETUJUAN-ABSTRAK-DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN (2).pdf] Text
COVER-HALAMAN PENGESAHAN-PERSETUJUAN-ABSTRAK-DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN (2).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB KESIMPULAN -SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB KESIMPULAN -SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI.pdf] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh pembelajaran Pendidikan Pancasila yang masih bergantung pada satu sumber belajar, yaitu buku cetak, serta penerapan model pembelajaran yang bersifat konvensional. Hal tersebut bertentangan dengan perkembangan teknologi pada era saat ini. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan e-modul Pendidikan Pancasila berbasis Team
Based Project berbantu Publuu Flipbooks yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan desain pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Proses pengembangan e-modul
dilakukan dengan merancang materi menggunakan aplikasi Canva, kemudian dikonversi ke dalam format PDF dan dipublikasikan melalui web Publuu Flipbooks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas dari tiga ahli, yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain, memperoleh persentase sebesar
95,3% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas guru memperoleh persentase sebesar 93,7% dengan kategori praktis, sedangkan hasil uji praktikalitas peserta didik mencapai 99,38% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya, uji efektivitas pada kelas sampel (kelas kontrol dan kelas eksperimen) dilakukan melalui pretest dan posttest. Berdasarkan nilai uji N- Gain, hasil belajar pada kelas eksperimen berada pada kategori 0,30 < G < 0,70 dengan nilai 0,42 (cukup efektif). Adapun nilai N-Gain pada kelas kontrol hanya
sebesar 0,05 (< 0,30), sehingga dikategorikan tidak efektif. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa nilai t-hitung (23,293) > t-tabel (2.001) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, H1 diterima, yang berarti penggunaan e-modul Pendidikan Pancasila berbasis Team Based Project berbantu Publuu Flipbooks dinyatakan cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMKS Kartika I-2 Padang
Kata Kunci: E-Modul Pendidikan Pancasila., Team Based Project., Publuu Flipbooks., Fase E Elemen Bhineka Tunggal Ika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan
Depositing User: PPKN FKIP
Date Deposited: 22 Sep 2025 08:34
Last Modified: 22 Sep 2025 08:34
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1404

Actions (login required)

View Item
View Item