Rahma, Zakia and Dr. M. Nursi, M.Si, Dr. M. Nursi, M.Si (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU SIMPLEBOOKLET (FASE E ELEMEN NKRI). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BABPENDAHULUAN (1) (6).pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BABPENDAHULUAN (1) (6).pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BABPENDAHULUAN (1) (6).pdf
Download (1MB)
![BAB KESIMPULAN SARAN DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (7MB)
![FULL TEKS SKRIPSI.pdf [thumbnail of FULL TEKS SKRIPSI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Problem Based Learning berbantu Simplebooklet pada fase E elemen NKRI yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah 30 peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Padang. Instrument penelitian terdiri atas lembar validasi, angket praktikalitas, serta pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul memperoleh skor validasi dengan kategori sangat valid dengan nilai rata-rata 96,75%, yaitu pada aspek materi sebesar 100%, aspek bahasa sebesar 98,43% dan aspek desain sebesar 91,84%. Hasil uji praktikalitas menunjukkan bahwa e-modul dinilai sangat praktis degan rata-rata 96,52%, yaitu skor praktikalitas guru sebesar 100% dan skor praktikalitas peserta didik sebesar 93,05%. Uji efektivitas melalui tes hasil belajar memperlihatkan adanya peningkatan yang signifikan sebesar 39 poin, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 53 dan posttest sebesar 92. Dari semua hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis problem Based Leraning berbantu Simplebooklet layak digunakan sebagai media pembelajaran karena terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman serta motivasi belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan |
Depositing User: | PPKN FKIP |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 07:33 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 07:33 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1377 |