Arif, Rahmat Saputra and Dr. M. Nursi, M.Si, Dr. M. Nursi, M.Si (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU FLIP PDF CORPORATE EDITION (FASE F ELEMEN UUD 1945). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf
Download (1MB)
![BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (438kB)
![FULL TEKS SKRIPSI.pdf [thumbnail of FULL TEKS SKRIPSI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Problem Based Learning berbantu Flip pdf corporate edition sebagai upaya inovasi media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba penelitian adalah siswa kelas XI SMKS Kartika 1 2 Padang. Instrumen penelitian terdiri dari angket validasi validasi materi, validasi bahasa, validasi desain, serta angket respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul yang dikembangkan memperoleh skor 98,46% dari ahli materi, 98,75% dari ahli bahasa, 89,67 dari ahli desain serta respon guru sebesar 98,46% dan respon peserta didik sebesar 88,69% yang termasuk dalam kategori sangat valid dan sangat praktis. Selain itu, hasil uji keefektifan dari uji pretest dan posttest menggunakan N-Gain Score menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata 0,83 (kategori tinggi) pada kelas eksperimen dan kelas control memperoleh hasil N-Gain sebesar 0,47 (kategori rendah). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa E-Modul Pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Problem Based Learning berbantu Flip pdf corporate edition layak digunakan sebagai media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan |
Depositing User: | PPKN FKIP |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 07:01 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 07:01 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1352 |