Atika Melia, Sari and Dr. M. Nursi, Nursi (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS TEAM BASED LEARNING BERBANTU HEYZINE FLIPBOOK DAN VEED.IO (FASE E ELEMEN BHINNEKATUNGGAL IKA). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![Cover+HalamanPengesahan+Abstrak+DaftarIsi+BabPendahuluan.pdf [thumbnail of Cover+HalamanPengesahan+Abstrak+DaftarIsi+BabPendahuluan.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover+HalamanPengesahan+Abstrak+DaftarIsi+BabPendahuluan.pdf
Download (1MB)
![BAB KESIMPULAN SARAN + DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN + DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN + DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (5MB)
![FULL TEKS SKRIPSI.pdf [thumbnail of FULL TEKS SKRIPSI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul Pembelajaran Pendidikan Pancasila Fase E elemen Bhinneka Tunggal Ika berbasis Team Based Learning berbantu Heyzine Fipbook dan Veed.io yang valid, (materi, bahasa, dan desain), praktis, dan efektif, dengan penelitian pengembangan ( Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas dari tiga ahli yaitu ahli materi dengan presentase 96,5% dengan kriteria sangat valid, ahli Bahasa dengan presentase 95,31% dengan kategori sangat valid, dan ahli desain dengan presentase 93,10% dengan kategori sangat valid. Rata-rata dari ketiga aspek memperoleh presentase 94,97% dengan kategori sangat valid. Untuk uji coba praktikalitas oleh guru Pendidikan Pancasila memperoleh presentase 100% dengan kategori sangat praktis, dan praktikalitas oleh siswa memperoleh presentase 94,27% dengan kategori sangat praktis. Rata-rata hasil praktikalitas guru dan siswa memperoleh presentase 97,14% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya uji efektivitas hasil belajar peserta didik terhadap e-modul Pembelajaran Pendidikan Pancasila di ukur dari PreeTesst dan PostTest. Nilai siswa pada PreeTest memperoleh presentase 67% dengan kategori cukup efektif yang mana belum menggunakan e-modul Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Sementara nilai siswa pada saat PosTest memperoleh presentase 95% dengan kategori sangat efektif yang mana telah menggunakan e-modul pembelajaran Pendidikan Pancasila. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa validitas e-modul Pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Team Based Learning Berbantu Heyzine Flipbook dan Veed.io untuk kelas X dinyatakan sangat valid baik dari aspek materi, Bahasa, dan desain. Hasil praktikalitas dinyatakan sangat praktis baik oleh guru maupun siswa. Selanjutnya hasil efektivitas dinyatakan sangat efektiv ketika melihat perbandingan nilai PreeTest yang tidak menggunakan e-modul dan nilai PosTest yang telah menggunakan e-modul. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul Pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Team Based Learning berbantu Heyzine Flipbook dan Veed.io layak diguakan oleh siswa maupun guru di SMK Muhammadiyah 1 Padang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan |
Depositing User: | PPKN FKIP |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 06:57 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 06:57 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1339 |