ANALISIS KINERJA JALAN SIMPANG BERSINYAL DENGAN PKJI 2023 (Studi Kasus : Ruas Jalan H.Agus Salim, Sawahan, Kec. Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat)

Rosanda, Arifa and Veronika, Veronika (2025) ANALISIS KINERJA JALAN SIMPANG BERSINYAL DENGAN PKJI 2023 (Studi Kasus : Ruas Jalan H.Agus Salim, Sawahan, Kec. Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB KESIMPULAN, SARAN, DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB KESIMPULAN, SARAN, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of FULLTEXT SKRIPSI ARIFA ROSANDA.pdf] Text
FULLTEXT SKRIPSI ARIFA ROSANDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor di Kota Padang menyebabkan peningkatan potensi
kemacetan, terutama pada persimpangan bersinyal yang menjadi titik konflik arus lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja persimpangan tiga arah bersinyal di Jalan
H.Agus Salim,Sawahan,dengan menggunakan pendekatan Pedoman Kapasitas Jalan
Indonesia (PKJI) 2023 serta merancang alternative perbaikan. Metode yang digunakan adalah
studi kasus dengan teknik survei lapangan untuk mengumpulkan data primer seperti volume
lalu lintas, geometri persimpangan, dan waktu siklus, serta data sekunder dari instansi terkait. Analisis dilakukan untuk menghitung kapasitas,derajat kejenuhan,waktu tunggu rata�rata,peluang antrean, dan tingkat pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapasitas
persimpangan dalam kondisi ekisting adalah sebesar 2.329,25 smp/jam dengan derajat
kejenuhan 0,39,waktu tunggu rata-rata 34,64 detik per kendaraan,dan tingkat pelayanan
kategori D, yang mengindikasikan arus lalu lintas mulai tidak stabil dengan potensi antrean
yang tinggi pada jam puncak sore. Simulasi optimasi waktu hijau menghasilkan peningkatan
kapasitas menjadi 3.252,91 smp/jam,penurunan waktu tunggu menjadi 23,28 detik per
kendaraan,serta peningkatan tingkat pelayanan menjadi kategori C. Temukan ini
menunjukkan bahwa penyesuaian distribusi waktu hijau atau penerapan system ATCS dapat
meningkatkan efisiensi lalu lintas dan mengurangi kemacetan di persimpangan perkotaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Sipil FTSP
Date Deposited: 19 Sep 2025 09:29
Last Modified: 19 Sep 2025 09:29
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1048

Actions (login required)

View Item
View Item