Nadila, Aulia Putri and Mufti Warma, Hasan (2025) ANALISA PENGARUH U-TURN TERHADAP KINERJA LALU LINTAS DENGAN METODE PKJI 2023 (STUDI KASUS JALAN BYPASS BAGINDO AZIZ CHAN KM 16+500, KEL. AIA PACAH, KEC. KOTO TANGAH, KOTA PADANG, SUMATERA BARAT.). Diploma thesis, Universita Bung Hatta.
![BAB KESIMPULAN ,SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN ,SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN ,SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (217kB)
![COVER,HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER,HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.pdf
Download (656kB)
![FULL TEKS SKRIPSI.pdf [thumbnail of FULL TEKS SKRIPSI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh fasilitas U-Turn terhadap kinerja lalu lintas pada ruas Jalan Bypass Bagindo Aziz Chan KM 16+500,Kel.Aia Pacah,Kec.Koto Tangah, Kota Padang. Latar belakang penelitian didasari oleh tingginya volume kendaraan serta fenomena contra flow akibat jarak antar U-Turn yang tidak sesuai standar, sehingga menurunkan kapasitas jalan dan tingkat pelayanan. Metode penelitian dilakukan melalui survei lapangan selama lima hari pada jam sibuk pagi, siang, dan sore. Data yang dikumpulkan meliputi volume lalu lintas, kecepatan, waktu tunggu, panjang antrian, derajat kejenuhan, dan tundaan, kemudian dianalisis berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI, 2023) serta Pedoman Putar Balik (U-Turn, 2005). Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume lalu lintas tertinggi mencapai 1.229,85 SMP/jam pada jalur kanan, dengan volume kendaraan U-Turn maksimum sebesar 387,3 SMP/jam. Keberadaan U-Turn menyebabkan peningkatan waktu tunggu hingga 20,40 detik, panjang antrian rata-rata 2,38 meter, serta derajat kejenuhan tertinggi sebesar 0,87 yang termasuk kategori Level of Service (LOS) E. Kondisi ini menandakan arus lalu lintas tidak stabil, kecepatan rendah, dan kapasitas hampir jenuh. Setelah dilakukan relokasi U-Turn, nilai derajat kejenuhan turun menjadi 0,50 dengan LOS meningkat ke kategori C, yang berarti arus lalu lintas lebih stabil dan aman. Penelitian ini menyimpulkan bahwa relokasi dan perbaikan geometrik U-Turn berupa bukaan median dari 8,5 meter menjadi 12 meter yang berkontribusi positif dalam meningkatkan kapasitas jalan, mengurangi tundaan,memperbaiki tingkat pelayanan lalu lintas serta menghindari terjadinya contraflow(melawan arus). Hasil penelitian dapat menjadi masukan bagi pemerintah daerah dalam merencanakan manajemen lalu lintas yang lebih efektif di Kota Padang..
Kata Kunci: U-Turn, kapasitas jalan, derajat kejenuhan, tundaan, manajemen lalu lintas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil |
Depositing User: | Sipil FTSP |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 07:18 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 07:18 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/980 |