SUCI, INDAH SARI and Yetty, Morelent (2025) Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita pendek Melalui model Picture and Picture pada siswa kelas II SDN 36 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![FILE 1 (COVER, HALAMAN PENGESAHAN.pdf [thumbnail of FILE 1 (COVER, HALAMAN PENGESAHAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FILE 1 (COVER, HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Download (815kB)
![FILE 2 (KESIMPULAN, SARAN, DAN DAFTAR PUSTAKA) SUCI INDAH SARI.pdf [thumbnail of FILE 2 (KESIMPULAN, SARAN, DAN DAFTAR PUSTAKA) SUCI INDAH SARI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FILE 2 (KESIMPULAN, SARAN, DAN DAFTAR PUSTAKA) SUCI INDAH SARI.pdf
Download (269kB)
![FILE 3 (FULL TAXT SKRIPSI) SUCI INDAH SARI.pdf [thumbnail of FILE 3 (FULL TAXT SKRIPSI) SUCI INDAH SARI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FILE 3 (FULL TAXT SKRIPSI) SUCI INDAH SARI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan menulis siswa pada kelas II SDN 36 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses menulis cerita pendek siswa kelas II SDN 36 Balai Ahad, dengan model pembelajaran Picture and Picture. Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menulis cerita pendek siswa dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture, sebagai upaya perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran. Teori yang digunakan dalam model pembelajaran Picture and Picture di kemukakan oleh Isjoni (2008:146). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan
kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teori penelitian Tindakan Kelas ini di kemukakan oleh Arikunto (2020:16). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 36 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung yang berjumlah 18 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes kemampuan menulis cerita pendek. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68,88 dan meningkat menjadi 80,05 di siklus II. Pada lembar observasi aktivita guru rata-rata presentase pada siklus I sebesar 69,63% meningkat menjadi 78,57% di siklus II. Pada lembar observasi aktivitas siswa rata-rata presentase pada siklus I sebesar 70,83% meningkat menjadi 83,33% di siklus II disebabkan siswa lebih aktif dan efektif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis cerita pendek menggunakan model Picture and Picture pada siswa kelas II SDN 36 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung. Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Model Picture and Picture
Keterampilan menulis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 252 not found. |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 01:59 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 02:47 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/96 |